SEKILAS INFO
  • 2 hari yang lalu / Acara Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1443 H, tanggal 15 Oktober 2021
WAKTU :

Peresmian Menara ( Jumat, 20 Agustus 2021 )

Peresmian Menara Masjid AL-Istiqomah oleh  Gubernur SUMUT Bapak Edy Rahmayadi

Jumat, 20 Agustus 2021

Bertempat di halaman masjid Al-Istiqomah diadakan peresmian Menara Masjid yang dilakukan oleh Bapak Edy rahmayadi selaku Gubernur Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan ini seharusnya sudah dilaksanakan jauh hari akan tetapi mengingat pandemi  Covid-19 yang melanda Indonesia khususnya kota Medan peresmian Menara masjid Al-istiqomah baru dapat terelalisasi pada tanggal 20 Agustus 2021 tepatnya 11 Muharram 1443 H pada jam 11.00 WIB. Dalam kegiatan ini turut hadir kadis UMKM dan Koperasi  Provsu serta tokoh-tokoh masyarakat dan alim ulama seperti bapak H. Ibrahim Tarigan, ustad Toharuddin, Ustad Herdiansyah  dan unsur pengurus BKM Al-Istiqomah.

Didalam kegiatan tersebut  turut diserahkan alat-alat APD seperti masker dan hend sanitizer serta  janji gubernur melalui BPN SUMUT memberikan  lahan seluas 2 ( dua ) hektar di lahan HGU beralamat di kelurahan Mabar Hilir ujung berbatasan dengan kabupaten Deli serdang  yang diperuntukan sebagai tempat pemakaman umum , karena tempat pemakaman yang lama sudah penuh di samping itu beliau menyampaikan kepada Kadis UMKM dan Koperasi untuk memfasilitasi kegiatan program ekonomi keumatan dengan menyediakan sarana dan prasarana berupa pembuatan bangunan / mini  market untuk tempat usaha yang dikelola oleh BKM Al-Istiqomah berupa penyediaan sembako serta usaha-usaha ekonomi kreatif lainnya.

Sebelum meninggalkan  Masjid Al-Istiqomah Bapak Gubernur menyempatkan diri untuk melaksanakan sholat Tahayatul Masjid dan sholat Duha.

Acara di akhiri dengan foto bersama dengan pengurus BKM dan warga masyarakat, pada jam 11.30. WIB beliau meninggalkan lokasi dan selanjutnya berangkat menuju Berastagi dalam kegiatan acara yang lain.

Peresmian Menara Masjid Al-istiqomah diliput oleh berita nasional online “ news detik.com

Warga Masjid Minta Lahan untuk Makam, Gubsu Edy Telepon Direktur PTPN

Ahmad Arfah – detikNews

Jumat, 20 Agu 2021 17:16 WIB


Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi mendapatkan permintaan dari pengurus masjid tentang kebutuhan lahan untuk pemakaman. Setelah diminta, Edy langsung menelepon salah satu direktur PT Perkebunan Nusantara II (PTPN II), Irwan Perangin-angin, untuk meminta lahan itu.

Peristiwa ini terjadi saat Edy datang untuk melihat peresmian menara Masjid Al-Istiqomah di Mabar Hilir, Kota Medan. Awalnya pengurus masjid menyampaikan soal kebutuhan lahan pemakaman di wilayah sekitar masjid.

“Tanah wakaf untuk perkuburan ada dua tempat, sudah terlalu padat, sampai tumpang tindih,” kata Ketua Badan Kenaziran Masjid (BKM) Al-Istiqomah Eko Ariawan.

“Waktu kampanye Pak Ijeck (Wagub Sumut, Musa Rajekshah) di lapangan ini, beliau akan memberikan lahan, eks HGU (hak guna usaha) untuk kuburan,” tambahnya.

“Di Mabar Hilir ada eks HGU, mau kami hibahkan untuk makam, ya,” kata Edy saat menelepon.

“Iya, Pak Gubernur,” jawab Direktur PTPN.

“Nanti kalau ada yang minta, jangan kasih, ya,” ucap Edy.

“Baik. Nanti kami koordinasi juga sama tim Pak Gubernur untuk itu, ya,” kata Direktur PTPN.

“Kalau tim saya sudah pasti oke dia. Nanti kalau sudah, langsung kita pagar. Makasih ya,” kata Edy.

etelah menelepon Direktur PTPN itu, Gubsu Edy pun meninggalkan lokasi masjid. Pihak masjid berharap lahan untuk makam itu segera terealisasi.

“Insyaallah tadi sudah terealisasi, mudah-mudahan ini terus dilanjutkan,” kata Eko Ariawan.