SEKILAS INFO
  • 3 minggu yang lalu / Sebaik-baik kamu adalah bermanfaat bagi orang lain
WAKTU :

Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1443 H ( Al-Ustadz H. Ferry Syahputra, MHI )

Terbit 21 Oktober 2021 | Oleh : suprianto | Kategori :
Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1443 H ( Al-Ustadz H. Ferry Syahputra, MHI )

 

“ Sertakan Nabi Muhammad SAW dalam Kehidupan Kita “

Oleh Al-Ustadz H. Ferry Syahputra, MHI

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي هَدَانَا لِهَذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا اللَّهُ لَقَدْ جَاءَتْ رُسُلُ رَبِّنَا بِالْحَقِّ وَنُودُوا أَنْ تِلْكُمُ الْجَنَّةُ أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ
أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
اَللَّهُمّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى مُحَمّدٍ وَعَلى آلِهِ وِأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن

Para jamaah yang dirahmati oleh Allah SWT,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena atas nikmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H tahun 2021 M.

Maka, pada momentum ini juga kita untuk senantiasa bershalawat kepada Baginda Nabi Besar Muhammad SAW.

Semoga shalawat yang kita ucapkan juga sampai pada keluarganya, kepada para sahabatnya, kepada tabi’in, hingga sampai pada kita selaku pengikutnya.

Hadirin yang berbahagia,

Allah SWT Maha Pengasih lagi Maha Penyayang bagi para hamba-hamba-Nya. Begitupun jika kita melakukan suatu kesalahan, pasti Allah Maha Pengampun, apabila kamu tidak mengulangi kesalahan yang sama. Dan dalam hal lain, apabila kamu menghadiri suatu majelis, insya Allah akan mendapat ampunan dari-Nya. Rasulullah SAW bersabda:

“Tidaklah duduk suatu kaum, kemudian mereka berdzikir kepada Allah dalam duduknya hingga mereka berdiri, melainkan dikatakan oleh malaikat kepada mereka. Berdirilah kalian, sesungguhnya Allah telah mengampuni dosa-dosa kalian dan keburukan-keburukan kalian pun telah diganti dengan berbagai kebaikan.” (HR. Ath Thabrani).

Begitu besarnya ampunan Allah SWT  ketika kita berada di majelis taklim, sampai – sampai ada alkisah seorang pemabuk yang tertidur di teras masjid dan saat bersamaan  sedang ada pengajian hingga Allah memerintahkan kepada malaikat untuk menghapus dosa sang pemabuk tadi.

para jamaah yang dimuliakan Allah SWT.

Sekarang ini kita berada pada bulan Rabiul Awal 1443 Hijriyah, pada bulan ini adalah bulan yang seharusnya penuh dengan kebahagiaan, penuh hikmah dan momentum untuk terus meningkatkan ibadah kepada Allah SWT.

Bulan Maulid adalah bulan peringatan akan lahirnya seorang anak manusia yang agung yaiu Nabi Muhammad SAW sebagai utusan / rasul yang membawa risalah kebenaran dan sebagai contoh suritauladan bagi umat manusia.

Apa yang seharusnya kita lakukan dalam menyambut / memperingati bulan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW karena sesungguhnya peringatan Maulid lebih besar dari hari-hari besar Islam lainnya karena peringatan Isra Miraj tidak akan ada kalau tidak ada kelahiran nabi Muhammad SAW begitu juga hari besar lainnya. Oleh karena itu mari kita sambut kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan rasa syukur melalui aktivitas  :

  1. Memberi makan keluarga, jiran tetangga, fakir dan miskin serta anak yatim
  2. Mengumpulkan  orang untuk saling berbagi  memberikan sedekah
  3. memakai pakaian yang terbaik
  4. Memperbanyak membaca sholawat dan surat Al-Ikhlas
  5. Dan menyertakan Nabi Muhammad SAW dalam setiap kehidupan kita.

Perlu saya sampaikan bahwa rezeki tidak hanya harta , kedudukan pangkat dan jabatan akan tetapi rezeki dapat berupa kesehatan, kelapangan, anak yang sholeh dan sholeha, keluarga yang damai serta jiwa yang tenang dan tentraman, karena  tidak jarang orang yang berlimpah harta dan kekayaan akan tetapi tidak dapat menikmatinya karena sakit begitu juga mempunyai harta dan kedudukan serta jabatan namun anaknya menjadi bandit dan bandot. ( berbuat maksiat ). oleh karena sedikit apapun yang diberikan oleh Allah SWT wajib kita syukuri.

Bagi generasi muda saya sampaikan selalu berbuat kebaikan dan produktif, banyak belajar dan mengaji tentang agama untuk bekal akhirat akan tetapi jangan lupa pengatahuan dunia juga harus dipelajari. Kehancuran generasi muda sekarang karena kita sebagai orang tua tidak peduli / cuek akan masa depan mereka sehingga banyak dari mereka mencari pelarian lain dan jauh dari agama sehingga berbuat melawan hukum misalnya terlibat narkoba, berjudi, pergaulan bebas dan perbuatan lainnya yang dilarang agama. oleh karena itu mari mulai dari sekarang kita mengambil suri tauladan dari pribadi rasul Muhammad SAW untuk kita aplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari dengan menyertakan Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan kita. Demikian ungkapnya di akhir ceramah.

Ceramah oleh ustadz  Ferri Syahputra disampaikan dengan gaya santai dan sekali-kali diselingi guyonan sehingga memancing  para jamaah tertawa dan merasa terhibur serta tidak mengantuk dan bosan.

Hampir 2 jam beliau menyampaikan tausyiah ,  namun para jemaah begitu antusias dan  tidak ada yang beranjak dari tempat duduk ..karena penyampaian materinya menarik dan memang ustadznya…lucu..ujar salah seorang jamaah.

Peringatan Maulid Nabi besar Muhammad SAW 1443 H di Masjid Al-Isiqomah juga menghadirkan Group sholawatan ibu-ibu Masjid Al-Istiqomah.   walapun turun hujan , acara dapat  berjalan dengan baik dan sukses  karena MC  Silvani dan Dea  mampu membawakan  acara dengan  penuh  akrab dan hangat melalui untaian kalimat saling berpalas pantun.

Acara diawali dengan pembacaan Ayat suci Al-Quran  oleh qori Nasional Alhafiz Ahmad Khairi Novandra di lanjutkan dengan kata-kata sambutan.

Kata sambutan mewakili BKM disampaikan oleh Bapak Suprianto selaku sekretaris  dimana  dalam sambutannya beliau menyampaikan program-program yang sudah dilaksanakan diantaranya :

  1. Peresmian menara oleh  Bp Gubernur Provsu sekaligus pemberian bantuan satu buah gedung mini market untuk ekonomi keumatan.
  2. Bantuan buku oleh dinas Arsip dan perpustakaan Provsu untu perpustakaan Masjid Al-istiqomah
  3. Pembuatan website Masjid Al-Istiqomah sebagai  sarana informasi online yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat
  4. Pembangunan sarana olah raga badminton dan kegiatan kerate / silat.

kedepan beliau berharap ada program-program lain yang akan dilaksanakan yakni  pembuatan klinik dan toko obat syariah. ini hanya dapat terealisasi jika kita seluruh masyarakat Mabar hilir bersatu padu dan saling mendukung dan tidak ada kata yang mustahil untuk mencapainya. bagaimana mungkin kita bisa membangun masjid yang megah ini dengan taksasi dana mencapai miliard rupiah yang masa itu diragukan sebahagian masyarakat, begitu juga kita dapat menghadirkan ustadz kondang KH. Zainuddin MZ, Ustadz Abdul Somad, Ustadz Tengku Zulkarnain, menghadirkan walikota, gubernur dan para pejabat lainnya sementara Masjid Al-istiqomah terletak di kampung dan daerah marginal tapi semua itu dapat kita lakukan, karena  kita yakin dan selalu menjaga kebersamaan dan kekompaan. kata beliau penuh semangat.

Dalam kesempatan itu diputar vidio peresmian menara Masjid Al-Istiqomah dan testimoni Bapak H. Eko Ariawan selaku Ketua BKM   sebagai ucapan terimakasih atas kehadiran dan bantuan bangunan gedung mini market ekonomi keumatan yang diserahkan oleh Gubernur Provsu  Bapak Edy Rahmayadi.

Kegiatan ini  diprakarsai  oleh Remaja Masjid  dengan dukungan BKM dan masyarakat  yang diketuai oleh Muhammad Fikri Assidiqie.

Dalam kata sambutannya Muhammad Fikri menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang turut membantu dan berperan aktif  khususnya masyarakat yang ada dilingkungan V kelurahan Mabar Hilir  atas sumbangan moril dan sprituil hingga terlaksananya acara ini. Insya Allah kedepan kami akan berbuat lebih baik lagi, demikian akhir sambutannya.

Acara semakin semarak dan menarik saat  Bp Herman selaku Kepling V Mabar Hilir di mana disela-sela kata sambutan , beliau memberikan hadiah kepada para anak-anak yang mampu membacakan ayat – ayat Al-Quran surat pendek .

Acara berakhir pada jam 23.00 wib dengan dilakukan  sesi foto bersama oleh seluruh panitia dengan ustadz dan qori serta pengurus BKM ,  Kepling V Mabar Hilir dan group sholawatan ibu-ibu masjid Al-Istiqomah.

SebelumnyaTausyiah Subuh " Bersedekah Hanya Mengharap Ridho Allah " ( Al-Ustadz H. Toharuddin ) SesudahnyaKhutbah Jumat 22 Oktober 2021 ( DR. Iwan Nasution MHI )

Tausiyah Lainnya